Go ... Calon Pengajar Muda

 April, 2014

“Indonesia Mengajar merupakan suatu sekolah kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik bangsa”. Ya, kira-kira begitulah kalimat yang kuingat dari ucapan Pak Anies Baswedan dan Pak Hikmat Hardono. Menjadi pengajar muda tidaklah muda seperti membalikkan telapak tangan. Semua itu butuh proses yang panjang dan menguras kekuatan serta menguji kekuatan niat kita. Bahkan, untuk menjadi Calon Pengajar Muda juga perlu melalui tahapan-tahapan yang tidaklah mudah. Saya masih ingat sekali, tanggal 10 Desember adalah hari dimana saya mengumpulkan berkas online Indonesia Mengajar, sedangkan terakhir pengumpulan adalah tanggal 15 Desember 2013. Setelah saya memantapkan hati dan meyakinkan diri saya bahwa saya akan segera sembuh dan dapat mengikuti seleksi jika terpilih, akhirnya saya berani untuk mengirimkan berkas tersebut. Pada saat itu, memang saya lagi dalam masa pemulihan pasca operasi. Alhamdulillah, saya terpilih untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya yaitu direct assessment disusul dengan medical check up, hingga sampailah di gerbang Calon Pengajar Muda. Baru calon lho ya, hihi. Ternyata masih panjang perjalanan untuk menjadi seorang pengajar muda.

Bulan April adalah saat dimana terpilihlah 74 CPM mengikuti proses training pengajar muda yang tidaklah mudah juga untuk dilewati, namun sangat berkesan dan membekas pastinya di hati pengajar muda. Bagaimana tidak, training dilakukan dua bulan penuh, dan kami berada di dalam satu lingkungan villa yang besar. Ibarat kata kalau kata Sendi (salah satu sahabat PM) “dari bangun tidur sampai mau tidur lagi ketemunya itu lagi itu lagi selama dua bulan”. Hal itulah yang membuat training itu menjadi berkesan bagi pengajar muda dan membuat ikatan kekeluargaan kami semakin erat. Training dilakukan selama dua bulan dari bulan April hingga pertengahan Juni 2014. Tiga kata dari saya yang menggambarkan training CPM yaitu “seru, menantang, the best”. Karena, seumur hidup, jujur, aku tidak pernah merasakan training yang sangat dahsyat seperti itu. Training CPM sangat berbeda rasanya dibandingkan training-training lain yang pernah aku ikuti. Penasaran bagaimana trainingnya? Tunggu kisah selanjutnya yaa.. pokoknya training Calon Pengajar Muda Angkatan 8 mantap  gan. :)




Komentar