GURU MENGINSPIRASI

“guru itu menjadi seorang pengajar dan pendidik yang baik. Siapa suruh jadi guru toh? Karena memang itulah tugas seorang guru. Saya mempunyai agama yang berbeda dengan murid-murid saya. Tetapi, saya tetap menyuruh mereka untuk sholat. Bahkan, kalau mereka tidak mempunyai imam, saya saja yang menjadi imam untuk mereka”, begitulah petikan kata dari seorang Kepala Sekolah SMP di KampungWerba, Distrik Fakfak Barat, Kabupaten Fakfak.
Banyak sekali penilaian yang diberikan masyarakat kepada seorang guru. Penilaian masyarakat pun berbeda-beda tergantung dari sudut pandangan masing-masing. Tetapi apakah masyarakat tahu bagaimana perjuangan seorang guru itu? Bahkan, antar guru pun bisa jadi belum mengetahui perjuangan dari guru lainnya. Seorang guru yang mempunyai kinerja bagus akan semakin semangat apabila mendapat dukungan dari banyak pihak, apalagi ketika mendapat asupan energi dari rekannya sesama guru. Hal inilah yang kami harapkan dari acara yang kami adakan bersama RRI Fakfak, yaitu guru menginspirasi.
Guru Menginspirasi telah terlaksana selama dua kali yaitu pada tanggal 9 April dan 23 April 2015. Telah hadir beberapa guru dari tempat yang berbeda pula, diantaranya Ibu Eka (guru di Kampung Urat), Ibu Kabes (kepsek di Kampung Werba), Ibu Rahma (guru di Kampung Baru), Ustad Dawir (guru di Kampung Arguni), dan Pak ..... (guru di Kampung Pikpik). Banyak sekali cerita-cerita mereka dan motivasinya yang membuat orang lain bertambah semangat, begitu juga saya.
Perjuangan mereka begitu besar untuk menjalani hidup sebagai seorang guru. Menurut mereka, menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang membutuhkan energi besar. Karena seorang guru-lah yang mencetak generasi bangsa ke depannya.
***

Guru Menginspirasi adalah sebuah acara di radio yang dilaksanakan atas kerjasama dari RRI dan Indonesia Mengajar di bidang pendidikan. Tujuan utama acara ini adalah untuk sharing antar guru di bidang pendidikan, baik pengalamannya maupun prestasinya. Harapannya dengan adanya acara ini dapat menginspirasi guru-guru dan juga masyarakat untuk semakin peduli terhadap pendidikan dan semakin semangat dalam memajukan pendidikan, khususnya di Kabupaten Fakfak.

Komentar