HUJAN

Hujan merupakan musim yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kampung Urat. kenapa? Karena disini tidak ada sumber mata air tetap dan sebagian besar kegiatan masyarakat memanfaatkan air hujan.oleh karena itu air hujan sangat berarti buat masyarakat. Air hujan juga sebagai sumber air minum disini. Bayangkan kalau tidak ada hujan, sudah lelah bolak-balik kota. Belum tentu juga ada bensin.
Ketika hujan turun, masyarakat sangat senang sekali karena mereka bisa mandi, punya stok air minum banyak, dan bisa mencuci pakaian. Bagaimana ketika musim kemarau panjang? Ketika musim kemarau, bisa saja di kota kadang-kadang hujan. Tapai jangan dibilang kalau di kampung. Di kampung tidak hujan. Oleh karena itu, kaetika tidak ada hujan, sangat setengah mati untuk mengambil air.
Kampung Urat memang mempunyai dua sumur yang digunakan untuk segala aktivitas setiap harinya. Tetapi, ketika musim kemarau tiba, air sumur itu bergaram dan tidak bisa dipakai untuk minum. tapi mau bagaimana lagi, masyarakat mau tidak mau harus ke dua sumur itu untuk mengambil air buat persiapan di rumah mereka. Sungguh kasihan sekali. Aku saja yang merasakan disini, sangat setengah mati ketika tidak ada air. Mau minum saja susah, apalagi buat mandi.

Syukur alhamdulillah kalau hujan sudah turun. Ya Allah terima kasih. J


Komentar